Free Blogger Templates

Cara Mengaktifkan Busybox dan Apa Fungsi Busybox Serta Penerapan di Gojek

 Sekilas tentang busybox dan kegunaannya diperangkat android
Sekilas tentang busybox dan kegunaannya diperangkat android

Busybox pada awalnya ditulis oleh Bruce Perens pada tahun 1995 dan dinyatakan lengkap tujuan penggunaannya pada tahun 1996. Tujuan awal BusyBox adalah untuk menempatkan sistem bootable lengkap pada disket tunggal yang berfungsi ganda sebagai "Rescue Disk" dan Installer untuk distribusi system Debian. Sejak saat itu telah dikembangkan menjadi "inti de facto toolset userspace standar" untuk perangkat embedded Linux dan installer distribusi Linux.

Karena setiap eksekusi Linux membutuhkan beberapa kilobyte "overhead", program BusyBox bisa menggabungkan lebih dari dua ratus program bersama-sama, sehingga menghemat pemakaian pada ruang disk yang besar dan pada memori sistem. BusyBox menyediakan beberapa fungsi alat operasi Unix yang di kemas dalam satu file yang dapat dieksekusi.

Busybox berjalan di berbagai Varian POSIX seperti Linux, Android, FreeBSD dan lain-lain, seperti yang dimiliki oleh kernel, meskipun banyak alat-alat yang disediakan dirancang untuk bekerja dengan antarmuka yang disediakan oleh kernel Linux. Busybox secara khusus dibuat untuk sistem operasi tertanam dengan sumber daya yang sangat terbatas.Busybox juga dijuluki "The Swiss Army Knife dari Embedded Linux".

Busybox dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah Lisensi Publik Umum GNU.Pada akhir 2007, BusyBox juga menjadi terkenal untuk secara aktif menuntut pelanggaran ketentuan lisensi (GPL) di pengadilan AS.

Oleh sebab itu di android sendiri jika kita sudah melakukan proses rooting, sangat penting menginstall busybox agar proses bisa berjalan lebih optimal. Karena nanti akan ada beberapa proses yang meminta kita untuk menginstall Busybox terlebih dahulu.

Sekilas tentang busybox dan kegunaannya diperangkat android
  
Fungsi aplikasi busybox - Kali ini admin akan share artikel tentang Fungsi Aplikasi BusyBox di Android. Jika kamu Pengguna baru smartphone Android, pasti kamu asing dengan istilah BusyBox, tidak apa-apa karena aplikasi ini khusus untuk yang suka oprek android saja, jika kamu tidak suka oprek android kamu, aplikasi ini tidak terlalu penting. Tapi sebagai pengetahuan tidak ada salahnya untuk mengetahui Fungsi Aplikasi BusyBox pada Android.

Ketika kamu rooting Android kamu, biasanya aplikasi busyBox ini sudah otomatis terinstal, tapi jika belum terinstal maka kamu bisa mendownloadnya dari google play store.
Apakah  fungsi BusyBox ? Apakah BusyBox penting ? Berikut akan saya paparkan.
Apa Fungsi BusyBox ?
BusyBox adalah sebuah aplikasi untuk menambah perintah-perintah pada android yang sebelumnya tidak ada, dimana perintah-perintah ini bisa diaplikasikan lewat Terminal Emulator.
BusyBox menambah file file batch dasar dalam linux seperti free, lsusb, clear, install/uninstall dan lain-lain.
Dengan kata lain, BusyBox ini membuat Android kamu bisa bekerja selayaknya komputer.
Apakah BusyBox Penting ?
Seperti yang sudah saya singgung diatas, aplikasi BusyBox ini akan menjadi penting jika kamu suka oprek android kamu, karena dengan adanya aplikasi BusyBox ini,  Android kamu akan menjadi semakin canggih karena bisa menjalankan perintah-perintah seperti di komputer, selain itu kamu juga bisa mengutak-atik Android kamu lebih dalam lagi.
Cara Instal BusyBox
Cara Instal BusyBox sangatlah gampang, kamu tinggal download aplikasi BusyBox ini dari Google Play Store dan otomatis BusyBox akan terinstal di Android kamu.
kali ini akan berbagi cara menginstal Busybox dan apa it busybox? Busybox berfungsi untuk menambah perintah - perintah  pada Android yang terbatas. Fungsi busybox sangatlah penting bagi user yang suka modding. Busybox menambah file batch dasar linux seperti cmod, free, modprobe, clear, rmdir, dll yang belum ada di Android.

Prepare

1. Gojek sudah Root.,, Bagi yang belum di root bisa, Klik disini
2. Busybox Pro, Klik disini

Tutorial

1. Buka Busybox.
2. Jika ada pilihan untuk membackup pilih yes (kalau mau no juga tidak apa apa)
3. Lalu tunggu sebentar.

4. Tap instal dan pilih Smart Instal.
5. Reboot, dan Busybox sudah terinstal.
 


Sekian artikel kali ini, "Fungsi Aplikasi BusyBox di Android" Semoga bermanfaat.
Jika ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah.




kali berita ini telah dibaca
Ratings:
Platform:
Windows

Sekilas tentang busybox dan kegunaannya diperangkat android Busybox pada awalnya ditulis …

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Cara pengoperasiannya gmna gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. simple aja,... tinggal download terus ikutin instruksinya,.. app nya bisa dari open source termasuk playstore untuk android...

      Hapus
    2. simple aja,... tinggal download terus ikutin instruksinya,.. app nya bisa dari open source termasuk playstore untuk android...

      Hapus
  2. saya sudah instal busyboxnya .tapi saya buka bisyboxnya ada tulisan instal lagi..
    trus cara pefungsian worknya gmna gan plise bantu

    BalasHapus
  3. Saya sudah ikuti petunjuknya...tapi knp kok gagal terus ya om?
    Ada solusi kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan sdh root. Ijinkan super su permission .lalau buka dan klik install.. Tidak berjalan optimal jika masih menggunakan kingroot

      Hapus
  4. Kenapa selalu gagal instal gak terus ada notif location issue

    BalasHapus
  5. posisi hape darus dalam kondisi ter root baru bisa instal

    BalasHapus
  6. Begini nih klo artikel copas smw pertanyaan nggk dijawab..payah plagiat klo nggk bs jawab pertanyaan ngapain tulis2 bginian

    BalasHapus
  7. Cara cek busy box sudah terinstal atau belum, gini caranya, donlod terminal emulator ketik "su" tanpa tanda petik trus enter, trus ketik "busybox" tanpa tanda petik enter, kalo bisa dieksekusi oleh terminal emulator berarti sukses.

    BalasHapus

Gojek Surabaya

Banyu ladhuni

Chat WhatsApp